FORUM INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Selasa, 14 Desember 2010

Software

Teknologi komputer saat ini tengah menjadi salah satu media pembelajaran alternatif untuk anak usia dini. Kini banyak sekali berkembang software-software dengan program-program tertentu yang sangat beragam jenisnya yang berbentuk CD interaktif. Ada yang berupa pengenalan huruf alfabeth, mewarnai, angka-angka, bentuk geometri atau yang lainnya. Metodenya pun beragam dari metode jenis bernyanyi, bercerita, permainan maupun kombinasi dari beberapa metode.

Manfaat dari pembelajaran melalui metode seperti ini dapat menstimulasi beberapa kecerdasan bagi anak seperti kecerdasan kognitif yaitu dengan bertambahnya pengetahuan anak dan kemampuan anak dalam memahami sesuatu serta kecerdasan bahasa, yaitu semakin bertambahnya kemampuan kosa kata bagi ana

Pada edisi ketiga ini Redaksi ingin mencoba me-review beberapa program untuk anak pra sekolah dan sekolah dasar yang disertai dengan alamat downloadnya untuk dapat diunduh secara gratis oleh para orangtua bagi putra-putrinya. Harapan kami semoga rubrik ini bermanfaat bagi perkembangan motorik halus anak.

1. TuxPaint 0.9.21

http://www.ziddu.com/download/11771921/tuxpaint-0.9.21-win32-installer.exe.html

Software gratisan diperuntukkan untuk anak-anak usia 3 - 12 tahun (prasekolah s/d kelas 6) dengan program menggambar, mengetik serta mewarnai yang dikombinasikan dengan tampilan yang mudah digunakan. Software ini juga dilengkapi dengan efek suara yang sangat cocok bagi anak-anak serta gambar kartun yang dapat membimbing anak-anak dalam menggunakan program ini.

2. Sky Navigator 2.02

http://hotto.de/software/sky-navigator.html

Software yang dapat menampilkan posisi bintan-bintang saat ini. Tinggal tentukan bintang mana yang hendak ditemukan. Selain itu software ini juga dapat melihat sistem peredaran matahari ataupun mode perbintangan lainnya.

3. Primary Fraction Tutor

http://www.ziddu.com/download/11772452/PrimaryFractionTutor.exe.html

Primer Fraction Tutor, tidak hanya memungkinkan anak untuk berlatih penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian angka yang lebih besar, tetapi juga menunjukkan bagaimana melakukannya agar lebih mudah. Software ini memiliki langkah demi langkah tutoral yang dilakukan anak agar dapat memilih dan menjelaskan secara tepat dan seberapa besar angka yang

dibuat dan proses yang benar ketika mereka menggunakannya. Ada contoh animasi-animasi untuk memungkinkan anak agar dapat mengatasi ketakutannya dalam menghadapi matematik. Sotware ini telah di desain khusus untuk digunakan oleh anak-anak SD dan beberapa dasar mental matematika yang diperlukan untuk mencoba dalam menangani jumlah yang besar. (a.w)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar