FORUM INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Selasa, 14 Desember 2010

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Pada hari Jum’at (15 Oktober 2010), Komplek Kampus Al Azhar 14 Semarang menjadi salah satu host di kota Semarang untuk memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) yang disponsori oleh PT. Unilever (Lifebuoy). Di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa HCTPSS ini di koordinir langsung oleh Kementriaan Kesehatan RI yang digelar serentak di Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan Jawa Timur.HCTPSS ini diperingati setiap tanggal 15 Oktober di seluruh dunia. Penetapan tanggal tersebut dibentuk oleh Public Private Partnership for Handwashing with Soap (PPP-HWWS) atau KPS-CTPS yang terdiri dari Unilever (Lifebuoy, WSP, UNICEF, ESP, HSP, Aman Tirta, Reckitt Benckiser dan beberapa badan Internasional lainnya.

Peserta HCTPSS ini diikuti oleh Siswa-Siswi TK dan SD (kelas 1-3) Al Azhar 14 Semarang, Wakil Walikota Semarang (Bp. Hendrar Prihadi, SE, MM), Perwakilan PT. Unilever (Ibu Iin Ardhyagarini), Ketua Yayasan Bimatam (Bp. Dr. H. Sudharto, MA), Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang (Ibu Tatik Suryati) dan para tamu undangan dari Pemkot Semarang,

Sebelum cuci tangan pakai sabun dimulai, pelaksanaan peringatan ini diawali oleh sambutan Ketua Yayasan Bimatama.

PT. Unilever dan Wakil Walikota Semarang. Kemudian acara ini juga dimeriahkan oleh tarian dan nyanyian PHBS oleh siswa-siswi SDI Al Azhar 14, dilanjutkan oleh pembacaan komitmen siswa untuk selalu cuci tangan pakai sabun (Vitra dan Nia), penempelan kertas komitmen oleh para siswa SDIA 14 dan acara terakhir / acara utamanya adalah pelaksanaan cuci tangan pakai sabun yang dilakukan dengan serentak oleh para peserta HCTPSS.

Wakil Walikota mengatakan bahwa mencuci tangan pakai sabun sebenarnya merupakan pekerjaan kecil, namun manfaatnya cukup besar bagi kesehatan. “Dengan cuci tangan pakai sabun 2 sampai 3 kali sehari bisa menciptakan kesehatan bagi masyarakatnya”. Untuk itu, wakil Walikota berpesan kepada para kepala sekolah, Dinas Kesehatan, Pemkot untuk melakukan gerakan cuci tangan pakai sabun secara konsisten.

Peringatan HCTPSS ini bertujuan sabagai salah satu upaya untuk meningkatkan kebiasaaan CTPSS di kalangan masyarakat yang masih rendah. Kebiasaan CTPSS di masyarakat saat ini masih berkisar pada 14,3 % sebelum makan, 11,7 % sesudah buang air besar, 8,9 % setelah menceboki bayi, 7,4 % sebelum menyuapi makan, 6 % sebelum menyiapkan makanan (Data Survei Baseline Environmental Services Program (ESP-USAID) tahun 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar