FORUM INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Selasa, 14 Desember 2010

Benarkah Kita Sudah Hijrah?

Oleh: Edy Mulyono, S.Ag

kita tahu bahwa hijrah itu adalah pindah, yang kalau pakai istilah geografi adalah migrasi, pindah dari satu tempat ke tempat lain, dengan berbagai turunannya seperti imigrasi, emigrasi, remigrasi, transmigrasi, urbanisasi dan lain-lain. Namun pengertian hijrah dalam Islam bukan sesederhana itu, yaitu bukan hanya pindah dari kota Mekkah ke kota Madinah, bukan, bukan itu.

Hijrah dalam Islam punya pengertian yang sangat luas, pindah dari buruk ke yang baik, pindah dari prilaku salah ke prilaku yang benar, pindah dari perbuatan maksiat yang penuh dosa ke perbuatan sakinah yang penuh pahala. Yang tadinya " Kutil " (kurang teliti), "Kurap' (kurang rapih), "Kudis" (kurang disiplin), "Kubis" (kurang bisa), "Kumal" (kurang malu) menjadi, teliti, rapih, disiplin, bisa dan punya rasa malu berbuat dosa dan seterusnya bisa di tambah dengan berbagai "Ku... Ku... " yang lainya.

Hijrah juga memunculkan harapan baru akan keadaan yang lebih baik. Islam mengajarkan, hari-hari yang kita lalui hendaknya selalu lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Dengan kata lain, setiap Muslim dituntut untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Hadits Rasulullah yang sangat populer menyatakan, ”Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, adalah orang yang beruntung. Bila hari ini sama dengan kemarin, berarti orang merugi, dan jika hari ini lebih jelek dari kemarin, adalah orang celaka.” Oleh karena itu, sesuai dengan QS 59:18, ”Hendaklah setiap diri memperhatikan (melakukan introspeksi) tentang apa-apa yang telah diperbuatnya untuk menghadapi hari esok (alam akhirat).” Pada awal tahun baru hijriyah ini, kita bisa merancang hidup agar lebih baik dengan hijrah, yakni mengubah perilaku buruk menjadi baik, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Kemudian yang menjadi pertanyaan kita sekarang adalah Benarkah kita sudah hijrah ?

Mari kita lihat apa yang sudah kita lakukan ditahun lalu, apa yang sudah kita lakukan sekarang dan apa yang kita akan perjuangkan di tahun mendatang ? Apa yang sudah kita perjuangkan untuk Islam? “Jangan ditanya, apa yang sudah Islam berikan kepada kita, tapi apa yang sudah kita perbuat untuk kejayaan Islam? Sekecil apapun yang dapat kita perbuat, mari kita pasang niat untuk menyambut tahun baru Hijriyah 1432 dengan lebih giat memperjuangkan Islam, sebisa yang kita lakukan. Jangan segan segan untuk berbuat baik, walau hanya dengan sepotong ayat, segelas air, sebutir kurma atau dengan sebait kalimat ! Mari di tahun baru Hijriah ini, kita hijrah, hijrah pada hidup yang lebih baik motivasi yang lebih kuat, beramal yang lebih banyak, sebisa yang kita lakukan dengan potensi masing-masing ! Dan jangan lupa, mari kita hitung amal perbuatan kita, sebelum kita di hisabNya !

Janji Allah dalam surat An-Nisa : 100 ketika Allah SWT. memerintahkan kepada Nabi Muhammad untuk melakukan hijrah ke Madinah menyebutkan :öÅ

Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi Ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak. barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, Kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), Maka sungguh Telah tetap pahalanya di sisi Allah. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Semoga dengan semangat hijrah, kita dapat memaknainya dengan menguatkan diri kita untuk berani melakukan perubahan menuju arah yang lebih baik pada saat ini dan masa yang akan datang. (EM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar