FORUM INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Selasa, 14 Desember 2010

Pesantren Kilat Ramadhan 2010

Pesantren kilat Ramadhan tahun ini dilaksanakan pada tanggal 30,31 agustus dan 1 September 2010 (20 – 21 Ramadhan 1431 H). Bertempat di Kampus SDIA 14 Semarang Pesantren kilat kali ini diikuit oleh 120 Peserta dari seluruh siswa kelas V. Panitia Sanlat angkatan ke XIV ini mengambil tema mengenai Hikmah dan Anugerah Masa Baligh. Mengutip dari Firman Allah dalam Surat An-nur, yang artinya: “Dan apabila anak-anakmu telah sampai hulm (ihtilam), Maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Qs. An-Nuur [24]: 59).

Tujuan dilaksanakannya Pesantren Kilat Ramadhan adalah :

1. Mendidik dan melatih peserta untuk dapat berpikir dengan tanggap dan kritis terhadap ha yang disajikan kepada mereka dalam kegiatan pembelajaran

2. Meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman para peserta, baik di bidang umum maupun agama.

3. Menumbuhkan jiwa persaudaraan yang erat yang dilandasi dengan semangat bekerjasama dan sama-sama bekerja.

4. Mengamalkan kegiatan ibadah dengan usaha peningkatan ilmu sewaktu puasa Ramadhan yang pasti akan memberikan berkah kepada para peserta dengan nilai yang berganda.

Sedangkan manfaat dilaksanakan Pesantren Kilat Ramadhan adalah :

  1. Siswa diharapkan mampu berpikir dengan tanggap dan kritis terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya.
  2. Siswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama Pesantren Kilat Ramadhan dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama.
  3. Siswa diharapkan mampu bersosialisasi dalam ikatan persaudaraan atau silaturahim sebagai wujud bahwa manusia adalah makhluk sosial.
  4. Siswa diharapkan mampu mengamalkan kegiatan ibadah baik yang bersifat wajib maupun sunnah dalam kehidupan sehari-hari dan mampu memahami tanggung jawab sebagai muslim dan muslimah ketika mereka mulai memasuki usia baligh.

Kegiatan-kegiatan dalam Pesantren Kilat Ramadhan Angkatan ke XIV ini adalah :

  1. Sholat fardu berjama’ah
  2. Sholat-sholat sunah
  3. Penyampaian materi Sanlat dilanjutkan dengan diskusi dan praktek
  4. Berbagi dengan sesama dalam bentuk sedekah barang
  5. Dzikrullail
  6. Edu-Game
  7. Nonton film untuk membangun motivasi
  8. Kultum siswa
  9. Tadarus Al Qur’an
  10. Dan masih banyak kegiatan lainnya.

Ketua panita Sanlat Angkatan ke XIV, Edi Mulyono,S.Ag menyampaikan bahwa Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan ini harus dijadikan sebagai kegiatan yang menyenangkan dan bernilai edukatif bagi seluruh peserta maka panitia mencoba mengevaluasi kekurangan yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan Pesantren Kilat tahun ini sebagai pijakan penyelenggaraan Pesantren Kilat Ramadhan tahun depan.

Di antara kekurangan-kekurangan tersebut yang perlu diperbaiki adalah :

  1. Perlunya koordinasi untuk konsep acara pembukaan antara panitia dengan pengurus yayasan sebagai pengisi acara “Stadium General Sanlat.”
  2. Perlunya konsistensi dan tanggung jawab pada setiap individu panitia dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan selama Sanlat berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar