FORUM INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Senin, 04 April 2011

Ekskul Drumband

Ekstrakurikuler drumband diikuti oleh murid SD Islam Al Azhar 14, mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 5. Anak-anak diperkenalkan satu persatu alat-alat drumband yang sudah disediakan sekolah. Alat-alatnya seperti:

  1. Senar drum
  2. Tenor drum
  3. Triotam
  4. Bass drum
  5. Belyra
  6. Stock Majoret
  7. Cymbal

Anak-anak belajar drumband untuk bermanfaat meningkatkan stimulus pada musik percussion (alat pukul) atau drum band, bisa juga mengangkat kualitas potensi motivasi pada anak.

Pelatih mengklasifikasikan (pemilihan) alat-alat drumband yang harus dipegang dari bermacam-macam kelas sebagai berikut:

  1. Kelas 1 dan 2 pegang alat tenor, cymbal.
  2. Kelas 3 dan 4 pegang alat senar drum, triotam, belyra, bass drum

Dengan seleksi yang sesuai dengan kemampuan anak-anak serta potensi keahlian masing-masing yang telah diposisikan pelatih drumband, maka masing-masing harus bertanggung jawab atas alat yang dipegangnya.

Materi Percussion

Materi yang disampaikan sebagai berikut:

  1. Sil misasi alat belyra
  2. 8,8,16 pada alat-alat besar (senar drum, tenor drum, triotam, bass drum, cymbal).

Materi yang disampaikan masih materi dasar dilakukan berulang sampai pukulan kompak serasi pada irama materi dasar drumband. Latihan menguasai alat-alat drumband itu memakan waktu cukup lama, sampai anak-anak menguasai materi yang disampaikan.

Anak-anak yang minat drumband rata-rata daya motorik anak sangat bagus, semangat belajar drumband semakin asyik, senang dan berbakat yang mempunyai nilai-nilai positif pada anak.

Anak-anak sudah menguasai materi dasar untuk melatih pukulan keserasian, kekompakan dan mengembangkan daya pikir yang maju. Menginjak materi lagu anak-anak mulai giat rajin berangkat belajar drumband.

Anak-anak sudah menguasai materi dasar untuk melatih pukulan keserasian, kekompakan dan mengembangkan daya pikir yang maju. Menginjak materi lagu anak-anak mulai giat rajin berangkat belajar drumband.

Dengan semangat belajar drumband anak-anak mulai berfikir serius dalam menerima materi yang disampaikan. Semua belajar musik drumband itu membutuhkan kesabaran yang tinggi. Materi yang disampaikan lagu realigi yang terdiri; assalamu’alaikum, mari sholawat.

Materi 2 lagu itu memakan waktu cukup lama yang harus ditekuni, apabila anak tidak masuk akan ketinggalan materi. Perpaduan percussian itu butuh tenaga ekstra yang harus minat, semangat dan bertanggung jawab pada alat yang dipegangnya. Perkembangan pada anak dalam mengusai drumband sangat bagus, belajar drumband butuh proses mengharmonisasikan irama percussian alat-alat yang beda menjadi pukulan rajin, kompak dan serasi sesuai dengan harapan yang diinginkan sekolah.

Harapan kami sebagai pelatih, menginginkan yang terbaik buat sekolah SDI Al Azhar 14, mohon dikoordinasikan lagi kepada semua wali murid yang khususnya mengikuti ekstrakurikuler drumband diharapkan rajin berangkat kecuali sakit.

Kami sangat semangat dalam mengajar, bisa cepat dikuasai oleh anak-anak. Fasilitas bagus dan memadai. ---

Apa kata mereka??

”Pertama kali aku main drumband aku sudah suka. Awalnya memang susah banget, namun lama kelamaan jadi mudah. Aku pegang alat musik ceylovon. Bunyinya ting...ting...gitu dech, aku suka semuanya”. (Alma 4A)

”Di drumband aku memainkan alat musik belera, yang aku rasakan saat membawa belera agak berat. Saat pertama menggabungkan antara belera, triorta, bass, simbal, bunyinya masih ”brak bruk, bruk brak...” pokoknya masih berantakan. Tetapi setelah latihan dengan keras akhirnya aku dan teman-teman bisa memainkan dengan bagus”. (Lulu 5C)

Diekskul drumband aku memainkan alat musik Ballyra. Aku dilatih oleh Kak Heru yang orangnya gak pernah marah, sabar & menyenangkan. Saat yang menyenangkan ketika berlatih drumband yaitu saat mengelilingi sekolah & saat memasang pegangan ballyra, seru sekali. Walaupun membawa Ballyra itu berat aku tetap semangat”. (Kiki 3D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar