FORUM INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Minggu, 18 Juli 2010

Menuntut Ilmu

Oleh: Ummi Zur'ah, S.Ag *

“ Menuntut ilmu wajib atas setiap muslim, baik muslimin maupun muslimah) (H.R. Ibnu Majah)

” Carilah ilmu mulai dari pangkuan sampai sebelum masuk ke liang lahad (kubur).

Begitulah 2 bunyi hadist Rasulullah yang menegaskan bahwa kita harus selalu belajar sejak usia dini tidak mengenal batas umur agar kita mendapat ilmu yang bermanfaat, karenaapabila seorang manusia telah meninggal maka terputuslah segala yang berhubungan dengan dunia kecuali. 3 perkara, diantaranya: pahala dari ilmu yang manfaat.

Agar kita sukses dalam menuntut ilmu maka ada beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Niat.

Ketika menuntut ilmu berniatlah mencari ridho Allah, menghilangkan ketidaktahuan yang ada pada diri kita.

2. Kesungguhan, tak putus asa dan bercita-cita mulia.

Siapapun yang terus-menerus mengetuk pintu untuk mencapai yang dicita-citakan maka pasti akan terbuka tergantung dari seberapa usaha yang dilakukan.

3. Beribadah untuk berdo’a kepada Allah SWT.

Untuk mencapai keberhasilan yang lebih sempurna maka kita harus menjadi orang yang taat beribadah kepada Allah SWT, karena Allah yang dapat memberikan kemudahan, keberhasilan untuk mencapai cita-cita kita inginkan.

Beberapa tips dan trik untuk menghadapi ujian nasional.

1. Persiapan diri; meliputi persiapan fisik dan mental.

A. Persiapan fisik berkaitan dengan menjaga kesehatan tubuh, makan dan istirahat yang teratur istirahat secara teratur dan tidur jangan terlalu Malam agar otak selalu fresh sehingga mudah untuk konsentrasi.

B. Persiapan mental, usahakan agar emosi selalu tenang dan stabil, buang jau-jauh perasaan kecewa, marah, sedih, stress dan sebagainya, karena akan berdampak buruk terhadap hasil belajar. Ibadah merupakan salah satu upaya untuk menjaga ketenangan. Mintalah kepada Allah agar diberi kemudahan karena Allahlah yang menentukan nasib hambanya. Mintalah do’a restudari ke dua orang tjua.

2. Persiapan materi ujian.

Persiapan materi dilakukan sejak dini dengan memperbanyak latihan menjawab soal-soal, sebagian yang sudah dicopikan oleh guru oleh karena itu kerjakanlah soal-soal dengan teliti dan penuh kesungguhan.

3. Persiapan teknis

Yaitu persiapan yang berkaitan dengan penyediaan perlengkapan baik yang akan digunakan soal try out maupun dalam ujian nanti, seperti pena, mistar penghapus, pensil dan peraut pensil. (* Guru PAI dan Al Qur'an)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar