FORUM INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Senin, 04 April 2011

Bulan Muharram

Diambil dari hijrahnya Rasulullah SAW yang menetapkan tahun baru Islam adalah sahabat Nabi Muhammad yang bernama Umar bin Khattab. Tahun baru islam diperingati setiap tanggal 1 Muharram. Tahun baru Islam merupakan kemenangan dan sangat berharga dalam umat islam. Contohnya dari tahun baru islam Nabi Yunus yang ditelan oleh seekor paus, diselamatkan oleh Allah pada tanggal 1 Muharram. Untuk itulah kita merayakan tahun baru islam.
(Fia – Kelas 5 D)

Hijrah adalah peristiwa pindahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah karena desakan dari kaum kafir quraisy. Tujuan Nabi Muhammad berhijrah mengembangkan Islam dan mempertahankan Islam. Di arti lain hijrah adalah berpindah, maksudnya dari akhlak buruk menjadi akhlak yang baik, dari yang musrik menjadi bertaubat, dari yang kurang pintar menjadi pintar. Itu semua terjadi karena niat dan keinginan menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.

(Bondan, Barra & Rafi)


Semakin hari, kita harus semakin baik dan begitu pula semakin tahun kita juga harus semakin baik. Tahun baru hijriyah ini kita harus berbuat sebaik mungkin yang dulunya belum sempurna kita sempurna, yang dulunya belum baik kita usahakan baik. Perhitungan tahun hijriyah ini dimulai ketika Nabi Muhammad SAW dan kaum muhajirin melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Hijriyah diambil dari kata Hijrah yang berarti pindah. Pindah bukan hanya berarti pindah dari tempat ke tempat tetapi juga harus berubah sikap, sifat, semua perbuatan yang kita lakukan. Berarti tahun beru ini kita juga harus jaga sikap, sifat dan semua perbuatan yang kita lakukan. (Daffa – 5A)


Tahun baru Islam adalah tahun baru yang dirayakan oleh umat Islam yang ditandai dengan permulaan Bulan Muharram.

----“ Selamat Tahun Baru Islam”---- (Nada – 5C)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar